Sunday, February 15, 2009

10 Tanda-tanda Mendua


Menjaga keutuhan rumah tangga memang bukan hal mudah. Banyak gangguan dan cobaan yang bisa mengganjal, salah satunya suami menjalin hubungan dengan wanita lain. Bagaimana cara mengendus “affair” suami?

Hobi bersolek, sering pulang telat dari kantor dengan alasan meeting, atau mendadak cuek adalah beberapa sinyal yang biasanya muncul manakala seorang suami tengah “lupa diri” dan bersikap mendua. Beberapa hal di bawah ini sebaiknya Anda waspadai sebagai sinyal bahwa suami tengah berhubungan dengan wanita lain.

1. Mendadak acuh
Suami mendadak acuh dan tak lagi memerhatikan dirinya. Ia lebih mementingkan diri sendiri, akhir pekan pun ia habiskan untuk urusan lain yang bahkan anggota keluarga pun tak boleh tahu. Gelagat seperti ini tentu sangat mengesalkan dan memicu kecurigaan. Ia seolah tak lagi peduli pada istri dan keluarga. Komunikasi terhambat, omongan Anda sebagai istri pun tak pernah ia gubris. Bila ini terjadi, sebaiknya berhati-hati. Biasanya, suami yang mendadak bersikap seperti ini tengah mencurahkan perhatiannya pada wanita lain, sehingga keberadaan Anda sebagai istri seolah seperti angin lalu saja.

2. Jadi romantis
Yang ini kebalikan dari yang di atas. Bila selama ini suami bersikap biasa-biasa saja, mendadak ia menjadi sangat romantis. Jangan senang dulu, malah sebaliknya, Anda selayaknya curiga. Apa sebab ia mendadak berubah seperti itu? Siapa tahu ini hanya untuk menutupi perbuatannya di luar dengan wanita lain agar tidak tercium oleh Anda. Coba amati tingkah lakunya sehari-hari. Lambat laun pasti akan terlihat, apakah romantisme yang ia tunjukkan itu memang keluar dari lubuk hatinya atau sekadar kedok belaka.

3. Malas berhubungan intim
Hubungan intim bagi pasangan suami-istri tentu sangat penting. Anda patut curiga jika suami belakangan malas berhubungan intim dengan Anda lagi tanpa alasan jelas. Padahal, selama ini suami tidak punya keluhan dan rutin melakukannya. Bagaimana pun hubungan biologis merupakan kebutuhan utama pasangan suami-istri. Jadi, bila suami tidak lagi pernah mengajak Anda berhubungan intim lagi, jangan anggap sepele. Siapa tahu ada wanita lain, sehingga ia tidak lagi tertarik pada Anda.

4. Selalu ceria
Jatuh cinta berjuta rasanya, begitu bunyi sepenggal syair lagu. Biasanya, orang yang tengah jatuh cinta memang akan selalu tampak bahagia. Tak ada asap tak ada api, ia berdendang, padahal biasanya bersiul pun enggak. Apalagi kalau setiap hari lagu yang ia dendangkan lagu bernapaskan cinta. Sebaiknya Anda curiga. Dari gerak-geriknya, Anda akan bisa membaca bahwa ia rupanya sedang kasmaran alias jatuh cinta.

5. Jadi pesolek
Mendadak, suami hobi memakai parfum berlebih. Ia juga rajin mematut-matut diri di depan cermin setiap saat, padahal sebelumnya boleh dibilang ia sangat abai pada penampilannya. Pokoknya, ia berubah menjadi pria pesolek, genit. Sikap ini bisa Anda cermati sebagai kemungkinan adanya hubungan lain yang tengah dijalin suami. Tak ada salahnya Anda menanyakan apa yang sebetulnya sedang terjadi.

6. Penampilan berubah
Biasanya, pria yang sedang jatuh cinta sangat suka mengubah penampilannya, mulai penampilan rambut, bentuk tubuh, baju, dan sebagainya. Pokoknya apa saja, yang penting ia bisa menarik perhatian wanita yang ia taksir. Nah, bila perubahan ini muncul pada suami, sebaiknya berhati-hati. Bisa jadi, ini merupakan pertanda ia sedang dimabuk cinta.

7. Suka Bohong
“Benar Ma, Papa ada meeting di kantor!”, begitu selalu alasan suami setiap kali ia pulang telat. Dan jika belakangan suami hobi pulang telat dengan alasan yang tidak masuk akal atau yang itu-itu saja, bersiap-siaplah. Sangat mungkin ada sesuatu yang tengah terjadi pada suami, dan kemungkinan itu bisa saja wanita kedua.

Nah, bila suami belakangan banyak berbohong dengan alasan yang dibuat-buat dan tidak masuk akal, bisa jadi ini sinyal bahwa suami tengah mendua.

8. Jauhkan ponsel
Yang akan semakin memperkuat kecurigaan adalah mendadak suami melakukan banyak perubahan, dari sikap hingga kebiasaannya. Misalnya, jika biasanya ponsel ia letakkan dimana saja, belakangan ia selalu menjauhkan ponselnya dari jangkauan Anda. Jika ponsel berdering, buru-buru ia akan mengangkatnya sendiri. Jika kebetulan Anda yang mengangkat, ia memasang muka tak senang atau malah marah-marah. Begitu pun dengan dompet. Benda ini biasanya ia geletakkan di sembarang tempat, tetapi kini sepertinya ada sesuatu yang disimpan di balik dompetnya. Perubahan-perubahan di atas itulah yang perlu Anda cermati pada suami.

9. Hobi melamun
Seseorang yang sedang jatuh cinta biasanya suka melamun. Membayangkan seseorang di seberang sana. Tidak kenal waktu dan tidak peduli orang di sekelilingnya. Ia tidak menyadari, sudah 2 jam melamun di depan televisi sambil tersenyum-senyum. Bila ini terjadi sekali dua kali sih mungkin bisa dimaklumi. Tapi kalau ini dilakukan hampir setiap hari, sebaiknya Anda minta ia berterus-terang apa yang sebetulnya tengah terjadi. Bisa jadi, ia tengah melamunkan seseorang.

10. Gampang marah Hal lain yang menguatkan kecurigaan bahwa suami tengah menjalin hubungan dengan wanita lain adalah jika suami mudah sekali emosi. Masalah kecil saja bisa menjadi besar. Ia juga jadi sulit diajak berdamai, maunya ribut terus. Yang lebih mengejutkan, bila marah, tak cuma suaranya yang keras, namun juga mulai kasar. Padahal, sebelumnya tak pernah ia lakukan. Jangankan memukul, marah saja jarang, kok.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment